http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/aliendance.gif

Pengikut

Rabu, 15 Agustus 2012

Pengoperasian Microsoft Excel

Microsoft excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet (lembar-lembar kerja) yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac Os. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Dalam Microsoft Excel ada yang disebut eorksheet (lembar kerja). Worksheet terdiri dari 256 kolom yaitu kolom A sampai kolom IV dan 65.536 baris yaitu baris 1 sampai 65.536.

  1. Pengoperasian Microsoft Excel 2003
Untuk pengoperasian awal Ms.excel2003, perhatikan urutan langkah berikut !!!
  • Klik start → klik program
  • Pilih folder Microsoft Office → klik Microsoft Excel 2003 
  •  
  • Maka akan muncul tampilan Jendela Microsoft Excel 
Tollbar Standar
  • New :  untuk membuat worksheet baru atau lembar kerja baru.
  • Open : untuk membuka file yagn di simpan.
  • Save : Untuk menyimpan dokumen yang telah selesai dikerjakan.
  • Print : Untuk melakukan proses printing (pencetakan dalam bentuk kertas).
  • Print oreview : Untuk melihat atau mengoreksi hasil cetakan kita, sebelum di printing.
  • Spell checker : Untuk membandingkan setiap kata ke kata.
  • Cut : Untuk memindahkan data yang sobat pilih ke Clipboard.
  • Copy : Untuk mengcopy atau menyalin data yang sobat pilih ke Clipboard.
  • Paste : Untuk mengambil data yang ada di cluipboard dan menempatkannya di posisi yang diinginkan.
  • Undo : Untuk membatalkan perintah yang sudah di berikan.
  • Autosum : Untuk eemberikan rumus tertentu.
  • Chart wizard : Untuk membuat grafik sesuai data sobat-sobat semua.
Tollbar Formating
 
  • Font menu : Untuk mengubah jenis dan bentuk huruf.
  • Font size : Untuk mengubah ukuran font.
  • Bold : Untuk menebalkan tulisan.
  • Italic : Untuk memiringkan tulisan.
  • Underline : Untuk memberi garis bawah pada tulisan.
  • Align Left : Untuk rata kiri.
  • Align Center : Untuk rata tengah.
  • Align right : Untuk rata kanan.
  • Center accros cell : Untuk memindahkan sebuah sell ketengah.
  • Currency cell : Untuk mengubah angka biasa menjadi mata uang dollar ($ 100.00)
  • Percent style : Untuk menambah (%) pada bilangan yang kita tulis di dalam sell.
                               Catatan : Jika kita menulis angka (100) pada sebuah sell, lalu klik Percent style,
                                               maka akan berubah menjadi (10000 %).
  • Comma style :Untuk menambah dua angka nol (0) di belakang koma. (Contoh : 100 menjadi 100,00).
  • Increasse Decimal : Untuk menambah angka nol (0) di belakang koma.
  • Decrease Decimal : Untuk menghilangkan angka nol (0) di belakang koma.
  • Increasse indent : Untuk menggeser tulisan di dalam sell ke kiri.
  • Decrease indent : Untuk menggeser tulisan di dalam sell ke kanan.
  • Border : Untuk memberi garis tepi pada suatu sell.
  • Fill collor : Untuk memberi dan memilih warna pada sebuah sell yang dipilih.
  • Font collor : Untuk memberi dan memilih warna huruf.
         Kegunan Tombol Pada Microsoft Excel
Tombol
Keterangan
→   ↑  →   ↓
Pindah satu sel kekiri, atas, kanan, bawah.
Enter
Pindah satu sel kebawah
Home
Pindah kekolom A pada posisi baris yang aktip
Ctrl + home
Pindah ke sel A1 pada lembar kerja yang aktip
Ctrl + End
Pindah ke sell terakhir yang sedang di gunakan
Page Up
Pindah satu layer ke atas
Page Down
Pindah satu layer ke bawah
Alt + Page Up
Pindah satu layer ke kiri
Alt + Page Down
Pindah satu layer ke kanan
Ctrl + Page Up
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja berikutnya.
Ctrl + Page Down
Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja sebelumnya.
 

   Menyimpan Lembar Kerja 

  • Klik menu file → pilih save as
  • pilih folder , untuk menyimpan data
  • Isi ka nama file, lau klik save 
Membuka kembali file yang sudah di simpan.
  •  Klik kanan starexplore
  •  Pilih folder  yang ada datanya  
  • Klik double data
  •  Maka munculah data
             Keluar Dari Microsoft Excel
  •      langsung klik icon close yang ada pad kanan atas.
            Fungsi Satistik
            A. COUNT 
                Fungsi : Untuk menghitung jumlah data yang mengandung angka.
                Rumus : =COUNT(range)
            B. COUNTA
                Fungsi : Untuk menghitung jumlah sell yang berisi data numeric maupun string
                Rumus : =COUNTA(range)
            C. COUNTIF
          Fungsi : Untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu.
                Rumus : =COUNTIF(range)
            D. COUNTBANK
          Fungsi : Untuk menghitung jumlah sell yang kosong.
          Rumus=CONTBLANK(range)
      E. AVARAGE
          Fungsi : Untuk menghitung rata-rata dari suatu range.
          Rumus : =AVARAGE(range)
      F. AVERAGEA
          Fungsi : Untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range (data teks ikut membagi).
          Rumus : =AVERAGEA(range)
      G. MAX
           Fungsi : Untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range.
           Rumus : =MAX(range)
       H. MIN
           Fungsi : Untuk mencari nilai terkecil dari suatu range.
           Rumus : =MIN(range)
        I. MEDIAN
           Fungsi : Untuk mencari nilai tangah dari sejumlah angka.
           Rumus : =MEDIAN(range)
       J. SUM
           Fungsi : Untuk menjumlahkan Range.
           Rumus : =SUM(range)
      K. SUMIF
           Fungsi : Untuk menjumlahkan range dengan kriteria tertentu.
           Rumus : =SUMIF(Range Kode;Kriteria;Range  akan dijumlah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar